Program Kerja

Air Bersih & Sanitasi



Air Bersih

Program air bersih mendukung pencapaian Akses untuk Semua (Universal Access) 100%, artinya masyarakat pedesaan dan perkotaan diharapkan sudah mempunyai akses terhadap air minum yang aman dan layak. Pendekatan program ini berbasis masyarakat dimana masyarakat melakukan penilaian sendiri atas kebutuhannya.

Sanitasi

Penyebab utama buruknya kondisi sanitasi adalah rendahnya perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di lingkungan tempat tinggal, bukan terkait dengan bagaimana membangun sarana sanitasi yang berkualitas. Ipehijau mendorong upaya perubahan pola pikir dan perilaku pada masyarakat agar mereka bertindak benar, tepat dan sesuai hakikatnya sebagai manusia yang hidup bersih, sehat dan beradab.

Generasi Hijau



Pembangunan berkelanjutan memerlukan komponen penduduk yang berkualitas. Penduduk yang berkualitas diawali dengan munculnya generasi yang berkualitas, yaitu GENERASI HIJAU.

Melalui pendampingan yang terus menerus kepada anak-anak dan remaja yang notabene sebagai agen perubahan pembangunan, kelak mereka diharapkan mampu bertindak secara bijak untuk melakukan pengelolaan lingkungan hidup agar tetap lestari.

Program Belajar Bersama yang interaktif diharapkan menghasilkan Generasi Hijau yang peka dan peduli untuk melakukan berbagai tindakan yang bermanfaat untuk pelestarian lingkungan.

Ke depan, mereka diharapkan menjadi agen perubahan yang mampu bertindak besar mempengaruhi perubahan perbaikan lingkungan hidup yang lebih lestari.

ICT Hijau



Information and Communication Technology (ICT) atau Teknologi Informasi dan Komunikasi Hijau adalah program kegiatan pelatihan bagi anak-anak dan remaja berbasis ICT yang fokus pada tema dan upaya pelestarian lingkungan.

Ipehijau mengajak anak-anak dan remaja untuk lebih paham dalam penggunaan teknologi dan komunikasi untuk bertindak dan menyuarakan kepedulian pada lingkungan. Berbagai aktifitas melalui program ICT ini memungkinkan pelaku dapat terhubung ke seluruh penjuru dunia untuk bertindak Bersama.

Kami percaya bahwa melalui ICT dapat membantu mengatasi berbagai permasalahan lingkungan melalui berbagai model keberlanjutan yang ramah lingkungan berbasis teknologi.

Pembangunan
Lingkungan Berkelanjutan



Setiap kegiatan berfokus pada penciptaan kemandirian kepada masyarakat selaku mitra dan penerima manfaat program. Upaya ini perlu dilakukan secara sistematis agar program dapat berkelanjutan ditinjau dari 3 (tiga) aspek: ekonomi, sosial dan lingkungan.

Ipehijau mendorong terus upaya berbagai pihak untuk mendukung kegiatan ini melalui berbagai kegiatan-kegiatan perbaikan dan pelestarian lingkungan.

Pembangunan
Energi Berkelanjutan



Energi Berkelanjutan adalah bentuk energi yang diperoleh dari sumber tak terbatas, sehingga penyediaan energi yang melayani kebutuhan saat ini tidak mengorbankan generasi mendatang.

Ipehijau turut bertanggung-jawab mempromosikan energi berkelanjutan dengan menemukenalai berbagai sumber energi alternative seperti: pembangkit listrik tenaga air, energi surya, energi angin, tenaga ombak, energi panas bumi, bioenergi, energi pasang surut, dan juga teknologi yang dirancang untuk meningkatkan efisiensi energi.

Perubahan Iklim &
Pengurangan Risiko Bencana



Ipehijau turut bertanggungjawab menciptakan masyarakat yang lebih tangguh dalam upaya pencegahan dan pengelolaan risiko bencana dan adaptasi perubahan iklim.

Melalui berbagai kegiatan dan pelatihan terkait dengan penilaian risiko , penilaian kapasitas, kesiapan, dan perencanaan kontingensi , dan perencanaan kebencanaan di perkotaan dan pedesaan, diharapkan masyarakat lebih mandiri dalam menghadapi bencana.

Kami selalu mendorong keinginan belajar dan bekerja bersama dengan siapapun dalam mengembangkan kapasitas dan pengelolaan kegiatan terkait risiko bencana dan adaptasi perubahan iklim dalam pengaturan skala lokal , nasional dan internasional.

Tata Kelola Hijau



Program ini diharapkan dapat berkontribusi membangun sebuah kelembagaan yang lebih transparan dan akuntabel terkait dengan pembangunan berkelanjutan fokus pada aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan dalam frame yang seimbang.

Tata Kelola Hijau tidak hanya diperuntukan bagi kelembagaan di tingkat pemerintah (pusat dan daerah), namun menyeluruh kepada lembaga-lembaga yang peduli pada pelestarian lingkungan. Pendampingan yang intensif dengan menemukenali permasalahan secara bersama-sama akan menghasilkan solusi pembangunan yang berkelanjutan

Teknologi Tepat Guna


Kami percaya bahwa keberagaman wilayah, budaya, dan sumber daya alam memerlukan kearifan lokal dari masyarakatnya. Program kegiatan Teknologi tepat guna akan memperkenalkan beragam pilihan teknologi beserta aplikasinya yang mempunyai karakteristik terdesentralisasi, berskala relatif kecil, padat karya, hemat energi, dan terkait erat dengan kondisi lokal.

Kegiatan teknologi tepat guna dirancang

bagi suatu masyarakat tertentu agar dapat disesuaikan dengan aspek-aspek lingkungan, keetisan, kebudayaan, sosial, politik, dan ekonomi masyarakat yang bersangkutan. Teknologi tepat guna haruslah menerapkan metode yang hemat sumber daya, mudah dirawat, dan berdampak polutif seminimal mungkin dibandingkan dengan teknologi arus utama, yang pada umumnya beremisi banyak limbah dan mencemari lingkungan.