SOAL UJIAN INSTALASI PENGOLAHAN AIR MINUM

Ini adalah soal yang saya buat untuk mahasiswa S1 di jurusan Teknik Lingkungan di salah satu perguruan tinggi swasta.

Silakan jika ada rekan-rekan yang berminat untuk turut membantu mengerjakan ujian dibawah ini, daripada chating tidak jelas sama orang seberang sana hehehe….

WTPSTTST

—————————

OPEN BOOK (Waktu penyelesaian ujian maksimal 120 menit)

  1. Jelaskan pemahaman Anda mengenai pentingnya belajar Mata Kuliah Instalasi Pengolahan Air Minum dan aplikasinya pada bidang Teknik Lingkungan? (Nilai 10)
  2. Jelaskan mengenai apa yang menjadi dasar perlunya pengolahan air minum dan konteks pemenuhan kebutuhan air minum di masyarakat? (Nilai 10)
  3. Pada pengolahan air minum dibagi menjadi 3 (tiga) tahapan pengolahan, yaitu: Pengolahan Pendahuluan (Pre-treatment), Pengolahan Kedua (Primary Treatment), dan Pengolahan Lanjutan (Advanced Treatment). (Nilai 20)
    • Jelaskan masing-masing tahapan pengolahan tersebut?
    • Gambarkan skema gabungan instalasi Tahap Pre Treatment dan Primary Treatment?
    • Jelaskan alasan kenapa diperlukan pengolahan lanjutan (advanced treatment)?
  4. Pada instalasi pengolahan air minum, terdapat unit-unit yang dibangun untuk menghilangkan atau menurunkan jenis parameter (polutan) tertentu. Instalasi pengolahan ini tergantung pada jenis sumber air yang secara spesifik membutukan satu atau beberapa unit pengolahan. Jelaskan dan gambarkan unit-unit instalasi tersebut sesuai dengan kebutuhan pengolahannya dari masing-masing sumber air dibawah ini? (20)
    • Sumber mata air dengan kondisi kualitas air yaitu: e-Coli, Fe dan Mn sangat tinggi. Jenis pengolahan apa yang disarankan?
    • Sumber air permukaan dari sungai dengan kondisi kualitas air kekeruhan tinggi, berbau dan berasa, serta pH rendah. Jenis pengolahan apa yang disarankan?
  5. Jelaskan mengenai fungsi dari: (1) jartest, (2) analisa ayakan, dan klorinasi (20)
  6. Pada tugas laporan mengenai Instalasi Pengolahan Air Minum, Anda diminta untuk menjelaskan mengenai latar belakang, rumusan permasalahan, dan tujuan dan penelitian. Jelaskan kasus dibawah ini menurut urutan tersebut. (20)
    • Kota A mempunyai kualitas air yang buruk akibat beban pencemaran limbah dari industry tekstil
    • Desa B terletak di pesisir pantai yang mengalami intrusi air laut
    • Desa C mengalami bencana longsor yang berdampak pada hilangnya sumber mata air, sehingga saat ini menggunakan air sungai yang tercemar.

(Silakan pilih salah satu dari kasus diatas untuk menjelaskan alur berpikir Anda mengenai bagaimana Anda menuliskan latar belakang, rumusan masalah, dan tujuan dari penelitian. Silakan kembangkan dalam bentuk cerita pendek yang runtut)

+++++++++++++++++++++++ Selamat Bekerja +++++++++++++++++++++++

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s