Ipehijau Teguh Ingin Bantu Warga yang Butuh Air Bersih

Wonosobo, Ipehijau (20/07). Tim Yayasan Inovasi Pembangunan Hijau (Ipehijau) mendaki dinding bukit yang mengelilingi Telaga Menjer di Desa Maron Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Lelah dan pegal yang tercipta hanya menambah satu keyakinan bahwa saya masih menjadi manusia yang beruntung.

Jejak-jejak lambat yang dibentuk oleh langkah-langkah kaki semakin bertambah sesaat mendekati water reservoir (tandon penampung air bersih) yang terletak nyaris di pinggir bukit, pada ketinggian lebih 1200 dpl. Bangunan ini merupakan bagian program peningkatan akses air bersih dan sanitasi yang dijalankan pemerintah, yang selanjutnya dikembangkan Ipehijau untuk menambah layanan ke lebih banyak warga yang membutuhkan.

Untuk sampai di tandon itu, kami melakukan pendakian bukit dimana sebelumnya naik rakit kayu bermesin tunggal menyeberangi Telaga Menjer. Kegiatan ini menjadi bagian persiapan program Ipehijau untuk sektor Air Bersih dan Sanitasi yang didukung pendanaannya oleh Kedutaan Besar Australia melalui Direct Aid Program untuk fiscal year 2017/2018.

Kunjungan ini bertujuan untuk melihat dan berdiskusi secara langsung dengan pemerintah desa dan juga pemangku kepentingan lainnya yang terlibat. Ipehijau ingin memastikan bahwa peran mereka dapat memberikan nilai tambah kepada program pemerintah tersebut melalui kolaborasi dengan Ipehijau. Tentu kami tak lupa untuk memastikan siapa calon penerima manfaat sesungguhnya dari program ini. Sasaran utama dari program ini adalah warga berpenghasilan rendah dimana di dalamnya termasuk masyarakat yang berisiko stunting dan penyandang disabilitas.

Kami meneguhkan hati untuk bisa menjangkau tandon tersebut, kaki pegal dan paha yang protes karena mulai sakit tak kami hiraukan. Keteguhan hati mengalahkan segalanya tatkala kami melihat masih banyak masyarakat yang butuh sarana air minum dan sanitasi. Kami melihat antusiasme warga yang ingin melibatkan diri mereka sepenuhnya melalui kegiatan ini. Modalitas dan social capital ini harus dijaga dan disinergikan untuk pencapaian target yang diinginkan bersama.

Meskipun nampak sederhana dan kecil dibandingkan program-program yang sudah ada dan berjalan saat ini, namun kami ingin memberi warna bagi kami dan tentu utamanya bagi kehidupan masyarakat. Rasanya butuh proses panjang bagi untuk kami membuat semuanya sempurna dan ideal melayani warga mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Salam Hijau,

Rinsan Tobing (Sekjen Ipehijau)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s