Isu-isu Global Terkait Keberlanjutan Lingkungan

Munculnya kemajuan teknologi dan industrialisasi tidak hanya memunculkan peradaban modern , namun juga memunculkan berbagai isu lingkungan dan tantangan global. Isu lingkungan telah menjadi perhatian bersama orang-orang di seluruh dunia. Pertumbuhan pabrik dan bisnis telah berkontribusi terhadap kerusakan lingkungan yang luas, terutama dalam beberapa dekade terakhir, dan telah mempengaruhi keseimbangan kesehatan, ekologi, dan iklim di seluruh dunia. Teknologi modern telah berkembang dengan kecepatan eksponensial, membuat produksi massal barang secepat mungkin. Dengan ekspansi bisnis yang cepat, terjadi eksploitasi dan penipisan sumber daya dan mineral Bumi, serta degradasi lingkungan.

Sust1

Inisiatif hijau dan investasi berkelanjutan

Industrialisasi tidak terjadi dalam semalam. Ini dimulai dengan revolusi industri di tahun 1700-an di Eropa, dan dengan cepat menyebar ke seluruh dunia. Selama masa ini, dunia mengalami transformasi yang cepat, ketika orang mulai menggunakan mesin tenaga untuk bangunan, manufaktur, dan pemanenan. Mesin membutuhkan bahan bakar untuk dijalankan, dan bahan bakar fosil seperti batu bara, minyak bumi dan gas alam menjadi sumber energi utama. Pemanasan global dan dampak lingkungan yang kita alami saat ini sebagian disebabkan oleh industrialisasi yang pesat di seluruh dunia yang meningkatkan jumlah karbon, dan gas rumah kaca lainnya di atmosfer.

Dengan meningkatnya karbon dan gas rumah kaca lainnya, suhu global mulai meningkat, menyebabkan perubahan pola cuaca, arus air laut, dan pola angin di seluruh dunia. Sebagai konsekuensinya, kita telah mengalami cuaca ekstrem, mencatat panas, kekeringan, badai dahsyat, dan tsunami di daerah pesisir.

Terutama di daerah perkotaan, dampak negatif industrialisasi yang pesat jelas terlihat. Penyakit seperti kolera, tifoid, dan penyakit air dan udara lainnya segera pecah. Kondisi hidup yang tidak sehat dan kepadatan penduduk di banyak kota besar di Indonesia mengancam kesehatan masyarakat.

Orang-orang perlahan mulai menyadari pentingnya investasi berkelanjutan dan pelestarian sumber daya alam; pembangunan ekonomi peradaban manusia hanya akan berjalan sejauh ini tanpa merugikan kesehatan manusia dan banyak risiko berbahaya.

Sust2

Makanan sehat yang tidak merusak lingkungan

Makanan yang ditanam secara lokal oleh petani menggunakan metode organik (tanpa menggunakan bahan kimia, pupuk transgenik, atau pupuk sintetis) adalah pilihan tepat untuk produksi pangan. Lebih aman untuk lingkungan, ekologi, dan kesehatan masyarakat. Walaupun sulit bagi masyarakat kota, memperoleh makanan sendiri dengan cara menanam lebih baik karena Anda bisa mengendalikan jumlah bahan kimia yang Anda gunakan untuk pengendalian hama, serta mengatur penggunaan antibiotik dan pupuk. Makanan yang kurang diproses dan diimpor yang Anda makan, semakin baik untuk kesehatan dan lingkungan Anda. Penting untuk tidak membuang makanan (menjadi limbah) terlebih dahulu, tapi juga gunakan makanan sisa atau makanan yang tidak sedap untuk membuat pupuk organik (kompos) di kebun Anda.

Komunitas yang berkelanjutan

Kebanyakan orang yang tinggal di kota dan pinggiran kota (peri-urban) seperti di Jabodetabek atau daerah sekitarnya; Orang-orang yang tinggal di wilayah metropolitan memiliki hampir dari 60% populasi Indonesia. Pilihan yang kita buat saat kita tinggal di kota sangat mempengaruhi ekonomi global, lingkungan, dan kesejahteraan pribadi. Sisi baiknya tinggal di kota adalah menciptakan efisiensi penggunaan energi, dan mengurangi penggunaan energi dan sumber daya per orang, dan mengurangi limbah energi dan polusi. Dengan membuat masyarakat kita lebih hemat energi, kita bisa menghemat uang, melindungi sumber daya alam, dan meningkatkan kualitas hidup kita.

Air bersih

Ketersediaan air bersih akan menjadi masalah kesehatan utama di seluruh dunia, seiring bertambahnya populasi dunia. Kebutuhan air minum bersih yang aman kemungkinan akan berlipat ganda pada dekade berikutnya, di mana populasi dunia diperkirakan akan melebihi sembilan miliar. Saat air mengalir dari atap dan jalan kita, ia akan terkontaminasi penyakit yang menyebabkan bahan kimia beracun, kotoran, dan kuman di sepanjang jalan. Banyak sumber air kita juga dapat terkontaminasi dengan polutan jika tindakan perlindungan dan konservasi yang tepat tidak dilakukan. Sumber daya air yang tidak dilindungi dapat menjadi rentan terhadap polusi dari limbah industri, pabrik, pembangkit listrik, dan kegiatan manusia lainnya, yang menyebabkan kekurangan air minum dan penyakit di seluruh dunia. Melindungi dan menghemat air sebanyak mungkin, mengurangi polusi, dan membuang air.

Sust3

Lingkungan dan kesehatan

Lingkungan yang kita tinggali memiliki efek mendalam pada kesehatan dan kesejahteraan kita. Tidak peduli seberapa maju kita secara teknologis, jika kita gagal menjaga kebersihan lingkungan, kemajuan dan perkembangan kita tidak akan menjadi perkembangan positif. Semua hal yang mengelilingi kita dapat mempengaruhi kesehatan kita; air minum kita, udara yang kita hirup, tanah yang kita jalani, dan makanan yang kita makan, semuanya memiliki efek mendalam pada kesehatan kita, dan bagaimana kita akan maju ke masa depan. Perlindungan lingkungan dan kesehatan sangat terkait. Jika kita tidak melindungi lingkungan kita, kita tidak dapat mengharapkan untuk memanfaatkannya, dan kita tidak dapat mengharapkan lingkungan kita untuk melindungi kita

Mari bertindak bersama Ipehijau

Masalah yang kita hadapi saat ini di seluruh dunia, dengan perubahan iklim, perubahan ekosistem, dan pemanasan global, semuanya merupakan konsekuensi tindakan kita. Apa yang kita lakukan hari ini dan bagaimana kita menggunakan sumber daya kita hari ini dapat mempengaruhi dunia di masa depan. Kita semua bisa bergabung sekarang dan mengurangi atau bahkan membalikkan dampak negatif di dunia ini, jika kita bertindak sekarang. Bergabunglah dengan kami, IPEHIJAU dalam pertempuran melawan pencemaran. Kita semua dapat melakukan bagian kita dalam melestarikan bumi kita, dengan menggunakan sedikit air, mengurangi limbah makanan dan air, mengurangi polusi, menggunakan lebih sedikit energi, dan menggunakan produk yang lebih berkelanjutan dalam aktivitas kita sehari-hari. Ini hanya mengambil keputusan sadar untuk melakukan perubahan terhadap produk dan layanan yang lebih hijau, dan mengadopsi kebiasaan yang melestarikan sumber daya alam, dan melindungi lingkungan tempat kita tinggal. Tidak pernah ada waktu yang lebih baik untuk mulai mengambil tindakan dari sekarang.

Salam hijau,

Trimo Pamudji Al Djono (Direktur IPEHIJAU dan Konsultan Pemberdayaan Masyarakat di Lembaga Pembangunan International)

Sumber referensi: Environmental Profesional Network

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s