Bergerak Bersama Membangun Lingkungan yang Lebih Baik

Jika kesadaran kolektif masyarakat untuk peduli lingkungan sudah cukup tinggi, maka masalah lingkungan mungkin tidak ada.

Jika pemerintah berfungsi dengan benar menjalankan amanatnya dalam proses pembangunan ini dengan berprinsip pada pembangunan berkelanjutan yang menerapkan aspek ekonomi, sosial dan lingkungan, mungkin negara ini tidak akan punya masalah seperti banjir, kebakaran hutan, kemacetan, lingkungan kumuh, dan sebagainya.

Jika peran lembaga-lembaga donor dan lembaga swadaya masyarakat banyak mendanai dan fokus pada isu-isu lingkungan (tentu boleh saja mengembangkan isu-isu lainnya), maka mungkin masyarakat, swasta, dan pemerintah akan lebih padu dan sadar akan pentingnya perlindungan dan perbaikan kualitas lingkungan untuk masa depan.

Nah sekarang siapa dulu mulai bergerak? Siapa yang menggerakan? Apakah semuanya ini akan bergerak setelah munculnya masalah lingkungan? Apakah musti menunggu banjir dan menunggu korban jiwa akibat pencemaran lingkungan?

Tanpa kesadaran bersama maka mustahil lingkungan hidup di sekitar kita akan menjadi lebih baik, untuk masa kini terlebih lagi untuk masa mendatang!

Salam Hijau!

Trimo Pamudji Al Djono

(Ketua Yayasan Ipehijau) 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s