Gajah Mati Tidak Meninggalkan Gading

Pagi ini saya di Aceh, tepatnya di Banda Aceh. Nanti siang saya akan melakukan perjalanan ke Kabupaten Bireuen untuk keperluan program. Di Aceh saya tidak ingin melewatkan berita seputar lingkungan. Ada isu menarik apa ya?

Saya terhenyak ketika membaca salah satu artikel di Serambi Aceh soal gajah mati sudah tak bergading (link: http://aceh.tribunnews.com/2015/04/13/lagi-warga-temukan-bangkai-gajah-tanpa-gading ).

Gadingnya sudah tidak ada dan diindikasi diambil oleh masyarakat lokal pemburu gading untuk dijual. Saya yakin mereka begini hanya karena kebutuhan ekonomi semata.

Entah bagaimana ini bisa terjadi berulang. Apa peran polisi hutan dan pemda setempat? Apa peran LSM lingkungan setempat?

Saya tidak perlu bahas dampak ekologi dengan berkurangnya gajah di Aceh ini. Tapi jelas nyata bahwa populasi gajah di Aceh sudah sangat berkurang dan sudah dilarang perburuannya.

Saya berharap pihak berwenang mengusutnya tuntas. Pemda musti turun tangan dan pemerintah pusat musti melakukan pengawasan secara ketat.

Salam Hijau!

IPEHIJAU

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s